Hasil Sidang Paripurna MPR : Koalisi Merah Putih Pimpin MPR 2014/2019

Siapa pemimpin MPR RI masa bakti 2014/2019 terjawab sudah setelah melewati sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat yang digelar sejak selasa pagi hingga Rabu dini hari, akhirnya anggota koalisi Merah Putih (KMP) kembali menguasai pimpinan MPR. Berdasarkan penghitungan, Paket B yang diusung Koalisi Merah Putih, memeroleh 347 suara. Sementara itu, Paket A, yang diusung koalisi partai pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla, memeroleh 330 suara. Satu suara lainnya abstain.

Paket B terdiri dari Zulkifli Hasan (PAN) sebagai calon ketua MPR, didampingi empat calon wakil ketua MPR, Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (DPD).

Sementara itu, Paket A terdiri dari Oesman menjadi calon ketua, didampingi empat calon wakil ketua, yakni Ahmad Basarah (PDI-P), Imam Nachrawi (PKB), Patrice Rio Capella (Nasdem) dan Hasrul Azwar (PPP). Kegagalan merebut kursi pimpinan MPR ini adalah kekalahan untuk yang kelima kalinya dialami oleh para parpol koalisi pendukung Jokowi-JK di parlemen. KMP sudah menang lima kali berturut-turut.

Rentetan kemenangan KMP di parlemen dimulai sejak pengesahan Undang-undang MD3, pengesahan tata tertib DPR, pengesahan Undang-undang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada), dan terakhir pemilihan pimpinan DPR. Kemenangan di pemilihan pimpinan ini melengkapi jumlah kemenangan menjadi lima.

Semua kemenangan KMP diraih karena jumlah mereka yang dominan di parlemen. Beberapa kali PDIP cs harus gigit jari di pemungutan suara atau walk out meninggalkan paripurna karena kalah suara.

Di pemilihan pimpinan MPR ini, PDIP cs kalah di pemungutan suara. Sempat merasa di atas angin karena berhasil menggaet PPP dan mengusung perwakilan DPD sebagai ketua, PDIP cs akhirnya kalah tipis di pemungutan suara.

Berikut lima pimpinan MPR terpilih hasil sidang paripurna yang dilakukan sejak hari selasa (7/10/2014) :
1. Ketua MPR dari Fraksi PAN Zulkifli Hasan.
2. Wakil Ketua dari Fraksi Golkar Mahyudin.
3. Wakil Ketua dari Fraksi Demokrat EE Mangindaan.
4. Wakil Ketua dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid.
5. Wakil Ketua dari perwakilan DPD, Oesman Sapta Odang.
Miftah Print Menerima & Melayani cetak undangan, buku Yasin, cetak label nama, pembuatan undangan digital, cetak dokumen, cetak photo, scan dokumen, laminasi, pengetikan, jilid, dll.

0 Response to "Hasil Sidang Paripurna MPR : Koalisi Merah Putih Pimpin MPR 2014/2019"

Post a Comment

Kritik dan Saran anda sangat dibutuhkan agar bisa membenahi segala kekurangan kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel